DMCA Protection on: http://hujangede.blogspot.com/2011/05/kumpulan-widget-blogger-indonesia.html#ixzz2LRhBaPuq

Pages

Selasa, 29 Januari 2013

Peralatan dan Pendukung Jaringan


Peralatan dan Pendukung
Jaringan

  Komputer
  Kartu LAN atau NIC (Network lnterface Card)
  Hub
  Switch
  Bridge
  Repeater
  Router




Kartu LAN atau NIC (Network lnterface Card)

ž Perangkat keras yang sangat dibutuhkan untuk menghubungkan antara komputer satu dengan komputer lain. Dalam pemakaiannya, kartu LAN akan selalu dipasang pada motherboard. Kartu LAN memiliki bentuk slot PCI ataupun lSA dan ada juga yang telah menyatu pada motherboard.
Macam-macam NIC
1.   Ethernet dengan Kecepatan 10 Mbps
                   Ethernet dengan kecepatan 10 Mbps atau ber-bandwidth
                   10 Mbps merupakan ethernet generasi pertama yang         sering           digunakan padu masa itu. Daya hantar data dari          ethernet ini           hanya berkisar 10 M (10.000 byte) data         Per detik.






  2.      Ethernet dengan Kecepatan
                   100 Mbps
                   Ethernet tipe ini memiliki kecepatan di         atas tipe           sebelumnya, yaitu memiliki kecepatan akses 100 Mbps. Tipe ini           berbeda dengan tipe sebelumnya.         Apabila tipe sebelumnya memiliki 2        atau bahkan 3 port penghubung,maka          pada tipe ini hanya memiliki 1 jenis   port           penghubung.  Yaitu port RJ45-        Female
 









  3.      Ethernet dengan Kecepatan 10/100 Mbps
                   Jenis ini merupakan ethernet transisi   dari kecepatan 10 Mbps menuju 100     Mbps. Bentuk fisik dari tipe ini tidak     jauh berbeda dengan Gambar di atas.       Kelebihan         yang dimiliki adalah mampu           menyesuaikan kebutuhan transfer data.


Switch
¨ Terminal lain yang digunakan untuk memparalelkan workstation.
¨ Fungsi dari hub dan switch sama, yaitu sama-sama mensentralisasi koneksi jaringan antar-PC dalam satu jaringan.








Bridge

  Bridge merupakan alat yang digunakan untuk menyederhanakan sebuah jaringan besar menjadi jaringan yang lebih kecit, sehingga menjadi lebih efisien. Selain itu, bridge juga dapat digunakan sebagai perantara atau jembatan yang menghubungkan jaringan-jaringan dengan media transmisi berbeda.




             


                                 

Repeater
ž Alat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan MAN (Medium Area Network) yang letaknya berjauhan
ž Fungsi repeater adalah untuk memperkuat sinyal yang berasal dari jaringan LAN pada gedung A dan jaringan LAN dari gedung B.



Router
  Router merupakan sebuah alat yang digunakan untuk melewatkan informasi dari satu jaringan menuju jaringan lain yang mungkin memiliki banyak jalur di antara keduanya.  Alat ini mirip dengan bridge.












0 komentar:

Posting Komentar