DMCA Protection on: http://hujangede.blogspot.com/2011/05/kumpulan-widget-blogger-indonesia.html#ixzz2LRhBaPuq

Pages

Selasa, 29 Januari 2013

Pengkabelan


Pengkabelan
 
  Untuk dapat menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lain, Anda menggunakan ethernet sebagai kartu yang melekat pada PC. Setain itu, Anda juga memerlu-kan sebuah alat yang mampu mentransmisikan sebuah kartu dari satu komputer menuju kartu yang ada pada komputer lain. Salah satu media transmisi yang sering digunakan adalah kabel.
Kabel yang sering digunakan sebagai media transmisi jaringan adalah :
§  Kabel UTP
§  Kabel Coaxial
§  Kabel Fiber Optic

                                   
                                    Kabel UTP          
¢ Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer satu dengan komputer lain dengan menggunakan port RJ45-Male. Kabel UTP dapat digunakan untuk membangun jaringan LAN yang besar dengan terminal berupa hub atau switch.
¢ Secara fisik, kabel UTP memiliki 4 pasang (8 buah) kabel baja yang dikelilingi (dipilin) oleh jaket dengan bahan karet. Dari keempat pasang kabel tersebut, kabel yang akan digunakan hanya 6 buah (3 pasang). Perhatikan gambar berikut :
                                              
                                  












Kabel UTP dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan kecepatan yang dimiliki.
        Kabet UTP biasa, yaitu kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer pada ethernet dengan kecepatan
                                                                             10 Mbps.
        Kabel UTP kategori 5, yaitu mendukung ethernet dengan kecepatan 100 Mbps.
Kabel Coaxial
žKabel ini biasa digunakan untuk membuat instalasi jaringan bertopologi bus atau cincin. Namun, kabel, ini tidak dapat mendukung jaringan dengan topologi bintang karena hub-nya tidak memiliki port BNC Male. Perhatikan gambar berikut :







ž Thick coaxial cable (mempunyai diameter lumayan besar)
¡  Kabel coaxial jenis ini dispesifikasikan berdasarkan standar
IEEE 802.3  10BASE5, dimana kabel ini mempunyai diameter rata-rata 12mm, dan biasanya diberi warna kuning. Kabel jenis ini biasa disebut sebagai standard ethernet atau thick Ethernet, atau hanya disingkat ThickNet, atau bahkan hanya disebut sebagai yellow cable.
Kabel Coaxial ini (RG-6) jika digunakan dalam jaringan mempunyai spesifikasi dan aturan sebagai berikut :
¢ Setiap ujung harus diterminasi dengan terminator 50-ohm (dianjurkan menggunakan terminator yang sudah dirakit, bukan menggunakan satu buah resistor 50-ohm 1 watt, sebab resistor mempunyai disipasi tegangan yang cukup lebar).
¢ Maksimum 3 segment dengan peralatan terhubung (attached devices) atau berupa populated segments.
¢ Setiap kartu jaringan mempunyai pemancar tambahan (external transceiver).
¢ Setiap segment maksimum berisi 100 perangkat jaringan,termasuk dalam hal ini repeaters.
¢ Maksimum panjang kabel per segment adalah 1.640 feet (atau sekitar 500 meter).
¢ Maksimum jarak antar segment adalah 4.920 feet (atau sekitar 1500 meter).
¢ Setiap segment harus diberi ground.
¢ Jarak maksimum antara tap atau pencabang dari kabel utama ke perangkat (device) adalah 16 feet (sekitar 5 meter).
¢ Jarak minimum antar tap adalah 8 feet (sekitar 2,5 meter).








  Thin coaxial cable (mempunyai diameter lebih kecil).
     Kabel coaxial jenis ini banyak dipergunakan di kalangan radio amatir, terutama untuk transceiver yang tidak memerlukan output daya yang besar. Untuk digunakan sebagai perangkat jaringan, kabel coaxial jenis ini harus memenuhi standar IEEE 802.3 10BASE2, dimana diameter rata-rata berkisar 5mm dan biasanya berwarna hitam atau warna gelap lainnya. Setiap perangkat (device) dihubungkan dengan BNC T - connector. Kabel jenis ini juga dikenal sebagai Thin Ethernet atau ThinNet.
  Kabel coaxial jenis ini, misalnya jenis RG-58 A/U atau C/U, jika diimplementasikan dengan T - connector dan terminator dalam sebuah jaringan, harus mengikuti aturan sebagai berikut :
     Setiap ujung kabel diberi terminator 50-ohm.
     Panjang maksimal kabel adalah 1,000 feet (185 meter) per segment.
     Setiap segment maksimum terkoneksi sebanyak 30 perangkat jaringan (devices).
     Kartu jaringan cukup menggunakan transceiver yang onboard, tidak perlu tambahan transceiver, kecuali untuk repeater.
     Maksimum ada 3 segment terhubung satu sama lain (populated segment).
     Setiap segment sebaiknya dilengkapi dengan satu ground.
     Panjang minimum antar T Connector adalah 1,5 feet (0.5 meter).
     Maksimum panjang kabel dalam satu segment adalah 1,818 feet (555 meter).



Kabel Fiber Optic
ž Fiber optic biasanya digunakan untuk menghubungkan antara jaringan LAN yang besar dari suatu tempat dengan jaringan LAN yang berada pada tempat lain dan mempunyai jangkauan yang agak jauh.
ž Kabel fiber optic digunakan karena memiliki kemampuan menghantarkan sinyal yang sangat kuat, sehingga data yang terkirim tidak melemah sampai ke tujuan. Secara fisik, kabel fiber optic tampak seperti kabel coaxial, tetapi fiber optic memiliki ukuran yang sangat besar. perhatikan gambar berikut :









Konektor
  Setelah mempelajari ethernet, terminator, dan kabel, pertanyaannya yang mungkin muncul adalah bagaimana menghubungkan kabel tersebut dengan terminator atau dengan ethernet? Jawabannya adalah harus menggunakan konektor. Dalam praktiknya, ada dua bentuk konektor yang sering digunakan untuk menghubungkan kabel dengan ethernet dan terminator, yaitu konektor BNC - Male dan RJ45 - Male.
Konektor BNC-Male
¨ Konektor BNC-Mate atau Bayone-Neil-connection adalah konektor male (pria) yang digunakan untuk menghubungkan kabel coaxial (kabet TV) dengan kartu LAN yang memiliki portBNC Female Secara fisik, bentuk konektor ini memiliki lubang yang menyerupai baut/mur yang dapat diputar pada port BNC-female. Perhatikan gambar berikut :

BNC – T connector
¢ Untuk menghubungkan beberapa komputer di dalam jaringan dengan workstation lebih dari 2 unit komputer). Anda dapat menggunakan penghubung yang terpasang pada setiap komputer.
¢ BNC-Tconnector di atas difungsikan untuk mempararel dua komputer yang terhubung dalam jaringan, sehingga di dalam satu komputer dapat dilakukan hubungan dengan dua komputer yang berbeda.

Konektor RJ45 - Male     
Ò Konektor RJ45-Male adalah konektor yang dipasang pada kabel UTP. Cara pemakaiannya ialah dengan memasukkannya pada lubang port RJ45 - Female yang ada pada kartu LAN. Secara fisik, bagian ujung dari konektor ini akan memiliki
                    8 buah pin berbentuk kawat baja. Kawat ini digunakan untuk mengunci serat kabel UTP yang dimasukkan pada konektor. Perhatikan gambar berikut :

0 komentar:

Posting Komentar